Raden Ajeng Kartini, lahir di Jepara Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Yang mana pada tanggal itu sampai saat ini kita peringati sebagai Hari Kartini. R.A Kartini, merupakan sosok wanita yang luar biasa pada masanya. Lahir di keluarga bangsawan Jawa, tidak membuatnya lupa diri dan tetap peduli pada sesama, khususnya kehidupan kaum wanita pada masa itu yang tidak bisa se-merdeka sekarang.

Kartini mengabdikan dirinya demi kesejahteraan wanita, agar wanita bisa menempuh pendidikan layaknya para kaum pria, ia dibantu suaminya mendirikan sekolah khusus wanita yaitu Sekolah Kartini pada tahun 1903. Sekolah yang kini dikenal sebagai gedung pramuka itu dibangun Kartini demi mewujudkan impiannya yaitu memberikan pendidikan bagi para wanita yang semula tidak diberi kesempatan untuk belajar. Sekilas sejarah tentang Ibu Kartini kelak menjadi renungan kita semua khususnya para kaum wanita, pada jaman yang serba mudah seperti sekarang, wanita selayaknya harus bisa lebih hebat dari Ibu Kartini.

Saat ini sudah banyak kesempatan yang diberikan bagi wanita untuk bisa berkarya. Tidak ada lagi batas antara kaum wanita dan pria. Bahkan negara kita juga pernah dipimpin oleh seorang wanita, itu membuktikan bahwa emansipasi wanita sudah berhasil diterapkan di negara ini.

Kita dapat menemukan banyak sosok Kartini modern pada saat ini, salah satunya adalah Miss Merry Riana. Perjuangan hidupnya sebagai wanita tangguh juga telah menginspirasi banyak orang bahkan bukan wanita saja, melainkan pria juga. Inspirasi yang diberikan oleh Miss Merry Riana, mampu mengubah hidup banyak orang, seperti slogan yang selalu ia katakan, “Touching Hearts Changing Lives.”

Banyak dari kita para wanita yang ingin berkarya dan sukses seperti wanita-wanita hebat diatas, tapi banyak juga dari kita yang belum menemukan caranya. Miss Merry Riana dalam sebuah acara memberikan kunci bagaimana menjadi wanita yang bisa menginspirasi. Ia mengatakan bahwa, yang terpenting bukanlah kesempatan yang diberikan, melainkan bagaimana cara kita memanfaatkan kesempatan tersebut. Begitu luasnya pintu kesempatan itu dibuka bagi para wanita di jaman sekarang, tapi kesempatan itu akan menjadi percuma jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Ada tiga kunci agar kita mampu memanfaatkan kesempatan atau peluang yang ada dengan baik, yang pertama adalah Kenali passion kita, passion atau hasrat bisa juga disebut sebagai minat kita terhadap sesuatu. Seseorang biasanya rela mengorbankan apapun demi mengejar passionnya, seperti salah satu ungkapan dari Merry Riana “Don’t chase after money, but follow your passion and money will chase after you.” Passion menjadi hal yang penting karena inilah yang akan membuat diri kita selalu semangat walaupun sedang ditimpa banyak rintangan.

 

Manfaatkanlah kesempatan yang sesuai dengan passion kita, tentu itu akan lebih mudah dibanding mengambil kesempatan yang sama sekali bukan menjadi bidang yang kita kuasai.

Yang kedua adalah, Persiapkan diri kapanpun dan dimanapun. Tidak ada yang tahu kapan datangnya sebuah kesempatan emas. Keberuntungan adalah saat dimana bertemunya kesempatan dan kesiapan. Karena kesempatan tidak akan menunggumu sampai siap, dia akan datang menghampiri orang yang tercepat menangkapnya. Kesiapan diri bisa ditunjang dari mana saja, diantaranya adalah skill dan performance. Skill mencangkup bagaimana pengetahuan dan keterampilan kita dalam suatu bidang yang menjadi passion kita tadi.

Bagaimanapun juga skill dan pengetahuan harus selalu kita asah bisa dengan rutin membaca buku, menghadiri seminar, workshop, dan sebagainya. Performance adalah segala hal yang berhubungan dengan penampilan kita, karena kesan pertama atau first impression sangatlah menentukan bagaimana orang lain menilai kita. Performance yang baik dapat mengundang kesempatan yang baik.

 

Yang ketiga adalah Partisipasi, seberapa banyak yang kita dapat bergantung pada seberapa banyak yang kita beri. Jangan ragu untuk berpartisipasi dalam segala hal yang positif dan bisa mengembangkan kemampuan diri kita. Masuklah kedalam komunitas-komunitas positif, semakin banyak kita berpartisipasi semakin banyak kesempatan yang bisa kita ambil.

 

Jadilah wanita yang bisa memanfaatkan kesempatan atau peluang yang sudah banyak diberikan. Setidaknya untuk menghargai jasa-jasa pahlawan wanita kita terdahulu. Karena hanya dengan memanfaatkan kesempatanlah kita dapat bertindak, dan dengan bertindak kita dapat memberikan inspirasi. Selamat hari kartini.